Shirakawa5

Topik kali ini harusnya sih hangat deh, meski Shirakawa go sih dingin banget saat winter hehehe. Sejak jadi bagian dari Unesco Heritage yang namanya Shirakawa emank jadi tersohor. Udah banyak blog yg bahas tentang betapa kerennya tempat ini, terutama saat winter. Saya ulangi, terutama saat “winter”, jadi kalau mau kesana spring, autumn and summer monggo loh, siap-siap kecewa hehehe (evil mode).

Meski udah banyak yang kesana, ternyata sedikit yang cerita “caranya” buat kesono, yang boleh percaya boleh enggak (mending percaya aja deh) ternyata susah dan muahal sodara-sodara.

Setelah riset selama berbulan-bulan ciee lebay, menurut ngana cara paling murah adalah beli JR Hokuriku-Takayama Pass atau beli JR Pass yang 7 hari.  Harganya emank beda kalau JR Hokuriku Takayama itu 14,000 yen dan berlaku 5 hari berturut-turut. Sedangkan JR Pass 29,110 yen untuk 7 hari berturut-turut.

Oke untuk versi murah deh, JR Hokuriku Takayama Pass (JHTP) kalau kamu dari Osaka maka pass ini bisa dipakai untuk JR dari Kansai Airport (KIX) ke Osaka, dan dari situ bisa dipakai juga untuk ke Kyoto, Kanayawa, Toyama, Takayama, Shirakawa dan Nagoya.

Untuk peta lengkapnya bisa dilihat di http://touristpass.jp/en/takayama_hokuriku/

Shirakawa1

Yang bikin bingung, ternyata pass ini tidak berlaku untuk Osaka ke Nagoya, dan tidak berlaku juga buat Kyoto ke Nagoya. Padahal kalau lihat di peta, jalur terdekat ke Shirakawa adalah melalui Osaka-Nagoya-Takayama-Shirakawa. Kalau kamu beli tiket terpisah buat Osaka-Nagoya muahal sodara-sodara, sekitar 6,700 yen sekali jalan, atau 13,400 yen pp (setara dengan harga passnya).

Jadi untuk versi irit mode, gak ada cara lain selain kamu ikutin jalur memutar, seperti ;

Alternative 1

  1. Osaka-Kyoto-Kanazawa (JR Thunderbird)
  2. Kanazawa- Toyama (JR Hokuriku Shinkansen)
  3. Toyama-Takayama (JR Hida- 
  4. Takayama-Shirakawa ( Nohi Bus)

 

Alternative 2

  1. Osaka-Kyoto-Kanazawa (JR Thunderbird)
  2. Kanazawa- Shirakawa (Nohi Bus)

 

Tips and tricks buat perjalanan ini;

  • Pemegang Pass punya kesempatan untuk reserved seat sebanyak 4x, jadi Shinkansen seperti Thunderbird, Hokuriku, dan Hida bisa kamu reserved sebelumnya. Tapi dari pengalaman, hanya JR Hida (Toyama ke Takayama) yg perlu reserved  yang lain justru mending gak reserved supaya bisa duduk bareng rombongan kamu. (tips ini tidak berlaku untuk jomblo travel sendirian)

 

  • Alternative 2, lebih singkat waktu perjalanannya, dalam waktu 1,5 jam kamu sudah sampai di Kanazawa dan lanjut dengan bus Nohi ke shirakawa sekitar 1,5 jam. Tetapi Kanazawa di bulan awal winter (Des) belum ada salju, dan pemandangannya kota besar. Berbeda dengan Takayama yang sudah bersalju di bulan Des dan lebih cantik kotanya kalau menurut saya.

 

  • JR HIDA express  untuk Toyama -Takayama dengan waktu tempuh 90 menit cuma ada 3x dalam sehari, make sure kamu cek timetablenya karena JR lainnya bisa 2 jam lebih, biasa jam 13:00 dan 17:00.

 

  • Nohi Bus rute Kanazawa-Shirakawa-Takayama bisa menggunakan JR Hokuriku Takayama Pass, cukup ditunjukkan saat masuk ke bus (tidak perlu tukar tiket).

 

 

  • Setelah Shirakawa untuk menghemat waktu perjalanan, bisa menggunakan bus untuk ke Kanazawa, jadi tidak perlu kembali ke Takayama. Tapi untuk rute ini harus booking jauh-jauh hari via telp http://touristpass.jp/en/takayama_hokuriku/

 

  • Sebenernya ada alternative lain kalau tidak kebagian bus ke Kanazawa, tinggal ambil bus menuju Johana Station, dari situ tinggal naik JR Train ke Kanazawa.

 

  • Pengguna JR Pass harus booking via telp, tidak bisa booking online.